Selasa, 06 Januari 2009

Cara Bermain: Sluku-Sluku Bathok

Permainan ini biasanya dimainkan atau diajarkan untuk anak kecil. pertama kali anak kecil disuruh untuk duduk selonjor (meluruskan kedua lutut ke depan. Kemudian kedua tangannya memegang kedua lutut. Tangan kanan memegang lutut kanan dan yang kiri memegang lutut kiri.

Kemudian kedua telapak tangan di maju mundurkan dengan menggosok lutut sampai dengan ujung jari kaki. bersamaan dengan itu dia harus sambil menyanyi atau melantunkan syair-syair di atas. sampai dengan selesai.

Permainan ini dimaksudkan untuk memberi hiburan kepada anak kecil agar tidak rewel. ada berbagai variasi dalam permainan ini, tergantung daerahnya masing-masing.

Ketika anak sedang menyanyikan syair tersebut biasanya duduk atau berbaring di dekat anak. dia pura-pura meninggal. dan anak berusaha untuk membangunkan orang tuanya yang pura-pura meninggal.

Ketika orang tua tidak bangun (anak mengira mati) maka si anak akan merasa sedih. dan setelah lama diam mendadak orang tua bangun dan ini membuat anak terkejut. biasanya anak akan langsung terkekeh-kekeh.

1 komentar:

  1. sungguh menakjubkan metode dakwah erawalisongo. bisa diduplikasi era duapuluh satu...?
    nwun

    BalasHapus